Pena

PenaMenekuni dunia blogging dan malang melintang membaca aneka macam blog selama bertahun-tahun, ternyata aku memang sangat menikmati dunia ini. Banyak hal-hal yang kusukai dari blogging, antara lain belajar dan berbagi ilmu. Ya, ternyata aku menyukai dunia “content creation”.

Nah, berbicara tentang dunia blogging, aku menyimpan harapan pribadi tentang kualitas blog di Indonesia yang seharusnya bisa lebih baik. Aku percaya, banyak orang hebat dan berdedikasi di Indonesia. Aku percaya, banyak tema yang bisa diangkat menjadi blog, yang bisa bermanfaat bagi orang banyak dan sekaligus bisa memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

Apa sih yang kita butuhkan untuk menghadirkan lebih banyak blog yang profesional di Indonesia?

a. Kita butuh membuka cakrawala tentang potensi blog
Banyak orang segan melakukan blog karena belum melihat potensinya. Blog bukan hanya berfungsi sebagai tempat untuk narsis dan eksis. Banyak fungsi blog yang bisa menunjang profesionalitas dan bisnis. Bagi para dosen dan guru, blog adalah sarana yang luar biasa untuk berbagi ilmu dan sekaligus menguji di “pasar bebas” kemanfaatan ilmu-ilmu yang dimilikinya bagi masyarakat luas. Bagi para profesional, blog adalah kesempatan untuk membangun personal branding, membangun otoritas di sebuah bidang tertentu yang dikuasai dengan mumpuni. Bagi para pebisnis, blog adalah sarana untuk edukasi pasar, proses membangun loyalitas yang melampaui sekedar iklan-iklan yang penuh marketing gimmick.

b. Kita butuh meningkatkan kemampuan teknis
Membuat blog berkaitan dengan kemampuan teknis mendesain blog yang fungsional sekaligus estetis dan juga ketrampilan menuangkan pikiran ke dalam tulisan. Ketrampilan perlu dibangun dan ditingkatkan. Jika dikuasai, ketrampilan ini bukan hanya bermanfaat dalam proses blogging, tetapi juga bisa menjadi “profesi” baru di luar bidang yang selama ini kita tekuni.

c. Kita butuh memperluas jalur monetisasi
Kalau membicarakan tentang jalur monetisasi blog (menghasilkan uang dari blog), hal yang paling diungkapkan adalah iklan (advertising) dan biasanya yang disebutkan adalah Google Adsense. Betul, iklan adalah salah satu sumber penghasilan untuk blog. Tapi sesungguhnya banyak model bisnis lain selain iklan yang bisa dijajagi oleh para blogger. Nah, kita butuh belajar tentang model bisnis untuk monetisasi blog selain iklan.

d. Komitmen kerja dan kerja keras
Bagi yang mengharapkan blog untuk menjadi sumber penghasilan yang cepat, blog memang bukan sarana yang tepat. Blog adalah untuk pemain maraton, bukan pelari sprint. Proses membangun blog tidak bisa berlangsung instan dalam hitungan minggu. Sebagaimana mengelola bisnis apapun, mengelola blog juga membutuhkan dedikasi, kontribusi, dan ketekunan. Buahnya adalah kredibilitas yang teruji oleh waktu tentang penguasaan kita pada sebuah tema yang menjadi fokus dalam proses blogging kita.

Apakah Anda termasuk yang siap membangun blog bisnis dan blog yang profesional?

Image by (c) Maria Reyes-McDavis

3 thoughts on “Membangun Blog Bisnis yang Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *